RSS
Write some words about you and your blog here

Semua Adalah Racun?

YOU ARE WHAT YOU EAT.
Begitu bukan kata pepatah? Saya makan ikan asin, am i salty fish??? Gw sih percayanya YOUR WEIGHT IS WHAT YOU EAT (and what you do all day).
Sebenernya bukan itu sih yang mau gw curhatin. Tapi yang mau gw curhatin masih berhubungan sama makanan juga.
Gw ngerasa gundah dan suuzon sama makanan yang gw makan sehari-hari. Walaupun kesuuzonan itu nggak membuat gw males makan tapi gw rasa alangkah indahnya kalo gw setiap harinya makan dengan tenang, nggak dibumbui rasa waswas.
Maksudnya suuzon adalaaahhhh...
Kalian pasti pernah liat di tivi kan bagaimana mudahnya si abang yang ngejual es limun di depan SD-SD impres nyampurin pewarna tekstil di siropnya yang warna-warni itu? Oh, bukan. Gw bukannya penikmat es limun abang-abang. Itu cuma contoh yang pernah gw liat di reportase investigasi aja, yang muka abangnya diitemin trus suaranya dibikin ngebass. (Semoga mbak-mbak reportasenya langsung lapor ke polisi abis wawancara).
Bagi gw, acara tivi macam reportase itu membuat semua makanan seolah-olah adalah setan jahat yang menghantui, yang siap membunuh gw dari dalam.
Dan ketakutan itu sering gw alami.
Kemaren nyokap gw bikin nasi kuning kumpliiiittttt... Pake ayam goreng, pake telor dadar yang diiris-iris, pake sambel goreng kentang-ampela ati, pake abon, pake segala lalap, pake kerupuk udang.
Dan terjadilah pertentangan batin dalam diri dan perut gw. Perut gw tentu saja berkata 'serbuuuuu' namun hati kecil gw mulai berprasangka.
....Itu beras jangan-jangan pake pemutih kayak yang di tivi-tivi... *kalo warna kuningnya sih gw yakin dari kunyit. mana tega emak gw pake pewarna kain buat dimakan anaknya?*
....Itu ayamnya kalo ayam tiren pegimane yeee?? Trus dikasih formalin biar awet.
....Trus kentangnya dari kecil ampe gede disemprotin pestisida.
....Si ampela-ati juga jangan-jangan Sebelas-dua belas sama si ayam. Sesama produk formalin.
....Si timun gak jauh beda sama si kentang, dibesarkan oleh pestisida.
....Abonnya? Abon babi jangan-jangan. Kan waktu itu rame di tivi, abon babi, dendeng babi, flu babi.
....Kerupuk udangnya jangan-jangan disemprotin baygon biar gak dilaletin.
ADUUUHHHH MAAAKKKK...
Walaupun pada akhirnya semua gw makan juga (dan bahkan gw nambah. Laper, gaaannn...) ;p
(siapa coba yang nafsunya nggak membara liat pemandangan indah dan gratis untuk disantap kayak gini?)

Di kampuspun masalah suuzon-suuzonan soal makanan merajalela di kalangan gw dan teman-teman gw. Kalo makan di kantin nih, pasti adaaaa aja yang bikin statement-statement yang mengacu pada penghinaan makanan. Gw juga sih salah satu yang suka bikin statement itu.
Minum es teh aja misalnya, pasti ada yang nyengir-nyengir jahat terus bilang, "eh, itu kan esnya pake es balok. Air mentah kan tuh? Masa' waktu itu temen gw pernah liat tempat pembuatan es balok, trus tau gak? Ada anak kecil main perosotan di atas es balok GAK PAKE CELANA." Anjiaaaaaannnnnggggg!!!
Pihak yang beli es teh pada akhirnya nggak rela kalo orang yang cerita soal nistanya es balok nggak ngerasa jijik sama makanan yang dipesennya. Begitu tau temannya itu mesen soto, dengan entengnya dia bilang, "ih, daging apaan tuh kok kayak gitu? jangan-jangan daging babi.. Parunya juga paru babi.."
'Bercandaan' nggak sehat kayak gini susaaahhhh banget berhenti mengalir. Ntar ada lagi yang nambahin,"eh itu kan abangnya masaknya pake celana dalem." Hahahaha. Iyalah pake celana dalem, gw juga kalo masak pake kancut.

Gw sebenernya nggak setuju perbincangan gw dan temen-temen gw kayak di atas di sebut bercandaan karena ya itu tadi, kenyataannya banyak banget pedagang makanan yang nggak mikirin kesehatan konsumennya. Mereka taunya cuma: Kalo makanan gw enak, porsinya banyak, dan murah, pembeli-pembeli bakal membanjiri dagangan gw. Dan itu berarti UANG. Modal sekecil-kecilnya untuk untung sebesar-besarnya.
Biarpun nggak semua pedagang jahat dan culas, tapi kita nggak bisa jamin kan tukang bakso langganan kita nggak pake borax buat dagangannya?

Mau sampe kapan sih kita dibayangin rasa takut sama makanan? Apa perlu kita tanam padi sama sayuran sendiri di perkarangan rumah, melihara ayam sendiri, melihara sapi sendiri, bikin terasi sendiri?
Melihara ayam sih masih mungkinlah yaaa... Timbang beli ayam idup di pasar, kandangin terus kasih makan. Tapi nyembelihnya? Gw sih nggak sanggup.

0 komentar: